15 Makanan Sehat Untuk Jantung Agar Sehat

15 Makanan Sehat Untuk Jantung Agar Sehat

Berikut ini adalah 15 Makanan Sehat Untuk Jantung Agar Sehat, Yaitu :

1. Teh hijau

Makanan sehat untuk jantung adalah teh hijau. Teh yang berasal dari negara matahari terbit ini ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan, seperti katekin dan flavonoid yang membantu mengurangi penggumpalan darah.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai mengandung senyawa isoflavon organik yang tinggi dan terbukti membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak seperti susu hewani lainnya, susu kedelai tidak mengandung kolesterol dan juga rendah lemak. Makanan sehat untuk jantung ini juga mengandung niacin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

3. Coklat

Selain lezat, ternyata coklat juga merupakan makanan sehat untuk jantung. Hal tersebut dikarenakan coklat mengandung flavolonoid yang mampu merelaksasi arteri dan meningkatkan aliran darah, sehingga baik untuk jantung dan juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi, pastikan Anda mengonsumsi coklat yang minimal mengandung 70% kakao dan tidak mengandung lemak jenuh.

4. Kismis

Berdasarkan penelitian “American College of Cardiology” pada tahun 2012, menyatakan bahwa segenggam kismis dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya, kismis masuk dalam daftar makanan sehat untuk jantung. Kismis mengandung potassium tinggi yang baik untuk kesehatan jantung, membantu menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Brokoli

Apakah Anda vegetarian? Jika iya, masukkan lah brokoli ke dalam daftar makanan sehat untuk jantung yang harus Anda konsumsi. Hal itu dikarenakan sayuran hijau ini memiliki kadar kolesterol yang rendah, tinggi serat, dan mengandung banyak antioksidan. Selengkapnya simak: Manfaat Brokoli yang Luar Biasa

6. Kubis

Sebagian orang mungkin tidak suka dengan aroma dari sayuran yang satu ini, namun kubis memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung kita. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular dan memperbaiki kerusakan pada pembuluh darah.

7. Kembang Kol

Kol bukanlah jenis sayuran hijau, namun sayuran ini tetap mengandung banyak antioksidan, serat yang tinggi, dan mengandung allicin yang terbukti membantu menurunkan risiko serangan jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan sehat untuk jantung yang kaya akan vitamin C, kalsium, dan zat besi yang mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Tidak hanya isinya, kulit ubi jalar juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

9. Biji-bijian

Jenis biji-bijian yang baik bagi kesehatan jantung adalah biji-bijian yang bebas glutens, diantaranya seperti bubuk gandum dan beras yang mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Hindari biji-bijian olahan yang mengandung glutens karena dapat memicu timbulnya penyakit jantung dan penyumbatan pembuluh darah.

10. Apel

Apel banyak mengandung polifenol yang terdapat pada bagian kulitnya. Itulah mengapa, sebaiknya Anda mengonsumsi apel tanpa mengupas bagian kulitnya. Polifenol berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, apel juga mengandung pektin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Berdasarkan sebuah penelitian, mengonsumsi apel setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahta (LDL) sebanyak 40%.

11. Jeruk

Jeruk merupakan sumber pektin dan flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan pada arteri. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya mampu mencegah terjadinya stroke. Buah ini juga mengandung hesperidin, yaitu bahan kimia tanaman yang meningkatkan aliran darah ke jantung.

12. Jeruk Bali

Berdasarkan penelitian, jeruk bali mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu mencegah penyakit stroke dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Namun, bagi Anda yang mengonsumsi obat-obatan jantung, viagra, dan obat statin, seperti lipitor, sebaiknya jangan mengonsumsi buah ini di pagi hari karena dapat menimbulkan efek samping bahkan keracunan.

13. Alpukat

Buah yang juga masuk ke dalam daftar makanan sehat untuk jantung adalah buah alpukat. Buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah dan mengatasi penggumpalan darah.

14. Minyak Alpukat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Cardiologi pada tahun 2005 yang menunjukkan bahwa minyak alpukat dapat mengatasi pengerasan pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Minyak alami ini juga diyakini sebagai makanan sehat untuk jantung karena mampu memodifikasi asam lemak yang terdapat pada jaringan di sekitar jantung

15. Minyak Zaitun

Selain minyak alpukat, minyak zaitun juga tak kalah berkhasiat bagi kesehatan jantung. Manfaat minyak zaitun diperantarai oleh kandungan lemak tak jenuh (lemak baik) dan antioksidan tinggi yang berguna untuk membantu menyingkirkan kolesterol jahat yang terdapat pada arteri, sehingga jantung menjadi lebih sehat.

Selain mengonsumsi berbagai makanan sehat untuk jantung di atas, penting sekali untuk mengkombinasikannya dengan pola hidup sehat lainnya, seperti berolahraga dan berhenti merokok. Simak juga: 7 Cara Mudah Mencegah Penyakit Jantung

Selain itu, membatasi asupan garam setiap harinya juga dapat membantu menjaga jantung tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *