Resiko-Resiko Pasca Operasi Caesar Yang Perlu Bunda Ketahui

Resiko-Resiko Pasca Operasi Caesar Yang Perlu Bunda Ketahui

Resiko pasca operasi caesar, persalinan caesar umumnya diambil dokter dan ibu saat ada masalah selama kehamilan. Tetapi, tidak jarang  banyak juga ibu yang memilih persalinan ini dengan alasan yang lain. Seperti takut sakit walaupun sang ibu dapat melahirkan secara normal, atau memilih tanggal “cantik” untuk kelahiran Si Kecil.

Sebelum memilih caesar, yang perlu ibu ingat jika cara persalinan caesar ini bukan prosedur main-main, lho. Pada umumnya operasi besar, terdapat beberapa resiko waktu menjalani prosesnya. Nah, berikut ini beberapa hal yang butuh Ibu tahu jika ingin melakukan persalinan caesar:

Baik persalinan caesar atau normal, memang punyai plus minus . Menurut beberapa pakar, jika tidak ada permasalahan medis tersendiri akan lebih baik jika memilih untuk melahirkan dengan normal. Karena banyak manfaat yang dapat didapat baik untuk ibu serta Si Kecil. Lalu, kapan sich persalinan caesar harus dikerjakan? Ini dia penjelasannya:

  1. Terdapatnya penurunan supply darah ke plasenta sebelum kelahiran. Situasi ini dapat mengakibatkan bayi lahir dengan badan kecil.
  2. Ibu terinfeksi virus HIV.
  3. Posisi bayi sungsang.
  4. Ukuran panggul ibu kecil sedangkan bayi begitu besar.
  5. Ibu menderita penyakit jantung hingga meningkatkan resiko kelahiran normal sebab tekanan darah waktu melahirkan.
  6. Ada lebih dari satu janin atau situasi kehamilan yang kompleks. Contohnya, kembar siam.
  7. Terdapatnya cedera terbuka yang dikarenakan infeksi herpes genital yang aktif.

Resiko Setelah Operasi Caesar Komplikasi Pada Ibu Maupun Pada Bayi

sebaiknya para ibu tidak memandang persalinan caesar sebagai“cara melahirkan yang mudah”. Karena ada saatnya operasi caesar akan menyakitkan serta mempunyai beberapa resiko buat ibu serta bayi. berikut resiko pasca operasi caesar:

Resiko pada Ibu

  1. Walau jarang terjadi, efek samping anestesi dapat membuat sakit kepala parah.
  2. meningkatkan resiko komplikasi pada proses kehamilan seterusnya. Contohnya, jahitan pada rahim terbuka, plasenta melekat pada rahim, serta kematian janin dalam rahim.
  3. Persalinan caesar dapat mengakibatkan pembekuan darah di pembuluh darah, terutamanya di bagian kaki atau organ panggul.
  4. Ibu yang melakukan caesar umumnya mengalami pendarahan yang lebih parah daripada persalinan normal.
  5. Bisa memunculkan luka pada organ-organ sekitar rahim karena pembedahan.
  6. Resiko infeksi luka yang semakin besar dibandingkan dengan melahirkan normal.

Resiko buat Bayi

  1. Meskipun jarang terjadi, tetapi sayatan pada kulit bayi dapat terjadi selama proses pembedahan.
  2. Bayi yang lahir lewat persalinan caesar lebih beresiko mempunyai masalah pernapasan. Si Kecil akan bernafas lebih cepat (tidak normal) selama beberapa waktu sesudah dilahirkan.

Apa yang Harus Diperhitungkan Dari Resiko Pasca Operasi Caesar Ini?

Nah, sebab prosedurnya tidak main-main serrta beresiko memunculkan beberapa komplikasi, semestinya pertimbangkan hal ini dengan team dokter dan keluarga besar. Dan pastikan kondisi kesehatan sebelum melakukan operasi caesar agar menghindarkan efek negatif. Hal yang perlu diperhitungkan sebelum caesar ialah:

baca juga: Makanan yang Cepat Menyembuhkan Luka Operasi

1. Pemulihannya Lebih Lama

Waktu pengobatan cedera operasi serta rahim akan memerlukan waktu lama dibanding dengan persalinan normal yang cuma perlu enam minggu. Sesudah melalui operasi caesar beberapa minggu, kamu akan rasakan ngilu, ketidaknyamanan, serta harus konsumsi obat-obatan pereda rasa sakit.

Kabar BAIKNYA….!!! kini HADIR…!!! obat pasca operasi Kapsul kutuk ALCHANNA Prodak PREMIUM yang dapat menyembuhkan luka PASCA operasi (dalam dan luar) 5x lebih CEPAT…!! BAHKAN dapat memperbaiki GIZI pada BAYI serta IBU menyusui  Tanpa efek SAMPING.

Obat Pasca Operasi Alchanna

2. Lebih Sedikit Bakteri Baik

Satu diantara kelebihan melahirkan dengan normal, bayi akan terkena bakteri baik yang hidup di Miss V kamu. Nah, ini penting buat bayi sebab membantu meningkatkan daya imun bayi. Tetapi, bayi yang lahir melalui persalinan caesar hanya terkena sedikit bakteri ini.

3. Bukan Operasi Kecil

Sama seperti dengan operasi besar yang lain, operasi caesar mempunyai factor resiko yang besar. Selain itu, persalinan caesar mempunyai banyak resiko dari mulai infeksi, resiko hysterektomi (pengangkatan rahim), mengurangi fungsi usus, bahkan rusaknya kandung kemih.

4. Dapat Selamatkan Bayi

Walaupun dapat menimbulkan beberapa komplikasi, tetapi operasi ini dapat selamatkan nyawa bayi serta ibu. Karena operasi caesar sangat dibutuhkan dengan medis saat kehamilan kamu mengalami permasalahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *